Pendekatan Analisis Fishbone Untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Secara Online

Authors

  • Anita Megayanti Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Boy Muhammad Ridwan Universitas Pradita
  • Roy Amrullah Ritonga Universitas Al-Khairiyah

DOI:

https://doi.org/10.47926/insanunggul.2022.10.1.1-16

Abstract

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) adalah suatu bentuk tanggung jawab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada masyarakat dan negara yang menyatakan maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak hanya mengejar keuntungan melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat. Dalam produk kebijakan tersebut telah disebutkan berbagai aturan yang menjadi pedoman bagi pelaksanaan TJSL berikut dengan berbagai macam laporan untuk menjamin akuntabilitasnya. Implementasi aplikasi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ini bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat sehingga memberikan kemudahan kepada staf TJSL dan entitasnya dalam proses administrasi program TJSL agar dapat mengoptimalisasi pencapaian target realisasi program TJSL. Sedangkan maksud dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan berupa hasil analisis kesiapan pengguna dengan pendekatan Fishbone Analysis.

 

References

Abidin, R., & Kuncoro, A. A. (2015). Aplikasi Pembayaran SPP Di Lingkungan Yayasan Az-Zahra Demak Berbasis Client Server Terintegrasi Dengan Sms Gateway. Demak: STEKOM Press.

Alexandra, J. (2019, Juli 19). Popular Articles. Retrieved from https://sis.binus.ac.id/2019/07/19/fishbone-analysis/

Anggara, S. (2016). Ilmu Administrasi Negara. Bandung: CV Pustaka Setia.

Gasper, V. (2002). Total Quality Management, Cetakan Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kristono, I. S. (2015, Sepetmber 22). Ideas. Retrieved from ShiftIndonesia: http://shiftindonesia.com/analisa-akar-masalah-dengan-fishbone-diagram/

Liliana, L. (2016). A New Model of Ishikawa Diagram for Quality Assessment. Retrieved from IOP Conference Series: Materials Science and Engineering: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/161/1/012099

Muchlisin, R. (2020, Februari 29). Pengukuran Kinerja (Pengertian, Tujuan, Syarat, Indikator, Model dan Proses). Retrieved from Kajian Pustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2020/02/pengukuran-kinerja-pengertian-tujuan-syarat-model-dan-proses.html

Santoso, T. (2012, Oktober 14). Root Cause Analysis / Analisa Akar Masalah. Retrieved from Lean Healthcare Indonesia: http://www.lean-indonesia.com/2012/10/rca-root-cause-analysis-analisa-akar.html

Widodo, J. (2006). Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja. Jakarta: Bayumedai Publishing.

Published

01-03-2022

How to Cite

Megayanti, A., Muhammad Ridwan, B., & Amrullah Ritonga, R. (2022). Pendekatan Analisis Fishbone Untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Secara Online. Jurnal Insan Unggul, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.47926/insanunggul.2022.10.1.1-16

Most read articles by the same author(s)