Pendekatan Analisis Fishbone Untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Secara Online
DOI:
https://doi.org/10.47926/insanunggul.2022.10.1.1-16Abstract
Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) adalah suatu bentuk tanggung jawab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada masyarakat dan negara yang menyatakan maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak hanya mengejar keuntungan melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat. Dalam produk kebijakan tersebut telah disebutkan berbagai aturan yang menjadi pedoman bagi pelaksanaan TJSL berikut dengan berbagai macam laporan untuk menjamin akuntabilitasnya. Implementasi aplikasi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ini bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat sehingga memberikan kemudahan kepada staf TJSL dan entitasnya dalam proses administrasi program TJSL agar dapat mengoptimalisasi pencapaian target realisasi program TJSL. Sedangkan maksud dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan berupa hasil analisis kesiapan pengguna dengan pendekatan Fishbone Analysis.
References
Abidin, R., & Kuncoro, A. A. (2015). Aplikasi Pembayaran SPP Di Lingkungan Yayasan Az-Zahra Demak Berbasis Client Server Terintegrasi Dengan Sms Gateway. Demak: STEKOM Press.
Alexandra, J. (2019, Juli 19). Popular Articles. Retrieved from https://sis.binus.ac.id/2019/07/19/fishbone-analysis/
Anggara, S. (2016). Ilmu Administrasi Negara. Bandung: CV Pustaka Setia.
Gasper, V. (2002). Total Quality Management, Cetakan Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kristono, I. S. (2015, Sepetmber 22). Ideas. Retrieved from ShiftIndonesia: http://shiftindonesia.com/analisa-akar-masalah-dengan-fishbone-diagram/
Liliana, L. (2016). A New Model of Ishikawa Diagram for Quality Assessment. Retrieved from IOP Conference Series: Materials Science and Engineering: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/161/1/012099
Muchlisin, R. (2020, Februari 29). Pengukuran Kinerja (Pengertian, Tujuan, Syarat, Indikator, Model dan Proses). Retrieved from Kajian Pustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2020/02/pengukuran-kinerja-pengertian-tujuan-syarat-model-dan-proses.html
Santoso, T. (2012, Oktober 14). Root Cause Analysis / Analisa Akar Masalah. Retrieved from Lean Healthcare Indonesia: http://www.lean-indonesia.com/2012/10/rca-root-cause-analysis-analisa-akar.html
Widodo, J. (2006). Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja. Jakarta: Bayumedai Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Insan Unggul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.