Sistem Informasi Penjualan Makanan Dengan Pendekatan E-Commerce Untuk Memperluas Jangkauan Pemasaran Pada Kedai Mbak Diah

Authors

  • Penny Hendriyati Sekolah Tinggi Teknologi Komputer Insan Unggul
  • Hetty Herawati Sekolah Tinggi Teknologi Komputer Insan Unggul
  • Novi Silvia Sekolah Tinggi Teknologi Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/insanunggul.2022.10.2.169-188

Abstract

Kewirausahaan yang termasuk kedalam usaha kecil, menengah maupun besar merupakan salah satu dari sekian banyak pelaku dan penunjang kegiatan ekonomi dinegeri ini. Wirausaha tentu tak lepas dari penjualan salah satunya penjualan makanan. Transaksi umumnya dilakukan secara manual atau penjual harus bertemu langsung dengan pembeli seperti dipasar atau toko. Akan tetapi, kurangnya sistem informasi mengenai tempat penjualan makanan ini, menyebabkan tidak maksimalnya produktivitas yang terjadi pada proses penjualan makanan. Karena konsumen hanya memiliki dua cara untuk mengetahui informasi kedai dan penjualan makanan ini dengan cara menelpon atau langsung mendatangi kedai tersebut, hal ini sangat tidak efisien. Maka dari itu, sistem informasi penjualan makanan dengan pendekatan e Commerce untuk memperluas jangkauan pemasaran pada Kedai Mbak Diah ini dirancang sebagai salah satu untuk meningkatkan penjualan pada Kedai Mbak Diah dan menjaring konsumen lebih banyak dari berbagai daerah. e commerce atau sering disebut situs jual beli secara online adalah proses penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui internet. Sistem ini dibangun dengan flowchart, entity relationship diagram, class diagram, use case diagram, activity diagram dan sequence diagram, dengan pemrograman menggunakan PHP dan MySQL sebagai database, dengan metode pengembangan sistem, analisis kebutuhan, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan.

References

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Abdulloh, Rohi. (2018). 7 In 1 Pemrograman Web Tingkat Lanjut. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Agustriana. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web Pada Annateos Shop. Batam . Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) GICI.

Azhar Asbon Hendra & Destari Ratih Adinda (2019). Optimasi Decision Support System (DSS) Pemilihan Paket Layanan Internet Prabayar Dengan Metode ANP. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) Volume 3 Nomor 2, pp. 183-192 ISSN:2548-9771/EISSN:2549-7200 http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti.

Dhika Harry , Isnain Nasrulloh & Tofan, Muhammad (2019). Manajemen Villa Menggunakan Java Netbans dan MYSQL. Jurnal IKRA-ITH Informatika Vol 3 No 2 Juli 2019 ISSN 2580-4316.

Kusnandar Feri. (2019). Kimia Pangan Komponen Makro.Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara

Firmansyah. M. Anang. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep. Qiara Media.

Fridayanthie Eka Wida & Mahdiati Tias. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika, VOL. IV, NO. 2.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 6-12.

Handayani Try, dkk. (2019). Aplikasi Pemeriksaan Biaya Instalasi Tegangan Listrik Rendah Berbasis Web Pada PT. PPLIN Maluku Utara. Indonesian Journal on Information System, Volume 4 Nomor 1. e-ISSN 2548-6438 p-ISSN 2614-7173.

Irawan, dkk. (2017). Perancangan Electronic Commerce Berbasis B2C Pada Toko Atk Sindoro. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model)8(1):58–62.

Jasmani (2018). Pengaruh Product Development Dan Promotion Mix Terhadap Peningkatan Penjualan Yang Berdampak Pada Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri Baja Lapis Seng di Indonesia). Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 1, No.2, Februari 2019. ISSN : 2622 – 8882, E-ISSN : 2622-9935

Published

01-09-2022

How to Cite

Hendriyati, P., Herawati, H., & Silvia, N. (2022). Sistem Informasi Penjualan Makanan Dengan Pendekatan E-Commerce Untuk Memperluas Jangkauan Pemasaran Pada Kedai Mbak Diah. Jurnal Insan Unggul, 10(2), 169–188. https://doi.org/10.47926/insanunggul.2022.10.2.169-188

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>