Media Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan Animasi 2D untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak pada Raudhatul Athfal Albarokah

Authors

  • Hetty Herawati Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Hairussoleh Hairussoleh Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/insanunggul.2021.9.2.143%20-%20169

Keywords:

Karakter, Animasi, Media Pembelajaran

Abstract

Karakter merupakan suatu sikap yang sudah dimiliki dalam diri seseorang dan telah menjadi kebiasaannya dalam kehidupan sehari hari. Karakter dapat dijadikan sebagai tolak ukur antara kebaikan maupun keburukan. Kebaikan dapat terwujud apabila ditanamkan nilai karakter terpuji. Sebaliknya dapat berakibat keburukan apabila yang ditanamkan nilai karakter tercela. Maka dari itu, dengan dibuatnya tugas akhir tentang media pembelajaran karakter anak usia dini dengan pendekatan animasi 2D, penulis mempunyai tujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak serta menanamkan nilai karakter kebaikan supaya dapat menjadi kebiasaan ketika kelak dewasa  atau pada jejang pendidikan selanjutnya. Pada animasi ini media pembelajaran karakter dikemas dengan gambar animasi yang bergerak sesuai dengan audio dan video dari karakter tersebut sehingga lebih menarik untuk diketahui, adapun karakternya seperti tolong menolong,  menjaga kebersihan dan jujur. Metode penelitian yang di gunakan adalah Metode Waterfall, meliputi analisa kebutuhan, desain sistem, pembangunan sistem, pengujian dan implementasi.

References

Adinda & Adjie, (2011). Film Animasi 2d Berbasis 3d Menggunakan Teknik Cell Shading Berjudul The Postman. Surabaya:Stikom

Andi Pramono. (2006). Macromedia Flash. Yogyakarta: Andi

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

A.S, Rosa, dan M. Shalahuddin. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Criticos dalam Daryanto, (2015) , Media pembelajaran : peranan sangat penting dalam mencapai tujuan belajar, Yogyakarta: Gava Media

Duludu, (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Galih, Pranowo, (2011). Kreasi Animasi Interaktif dengan Action Script. Penerbit : Andi

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Jalinus, Nizwardi and Ambiyar, Ambiyar (2016) Media dan Sumber Pembelajaran. In: Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana, Jakarta, pp. 1-233. ISBN 978-602-422-104-1

Kadaruddin (2015) , Mahir desain slide prsentasi dan multimedia pembelajaran berbasis power point. Yogyakarta:Deepublish.

Komalasari (2013: 3), Pembelajaran Konteksual Konsep dan Aplikasi.

Bandung:Refika Aditma

Kustandi 2016: 7. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Macdoms. (2012). Kupas Tuntas Adobe Flash Professional CS6. Yogyakarta: Andi

Madcoms. (2012). Adobe Flash CS3. Yogyakarta: Andi

Muhamad Fadilah, Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,(Yogjakarta:

Arus Media, 2016)

Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo

Litera Media.

Rusman dkk (2013: 170). Model – Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sadiman AS, Rahardjo R, Haryono A & Rahardjito. 2010. Media PendidikanPengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PTRajaGrafindo.

Satrianawati. 2018. Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA

Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Surjono, Harman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Suyono & Harianto. (2016), Belajar dan Pembelajaran. Bandung PT. Remaja Rosdakarya

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. h. 17. 4 Ibid.

TMbooks. 2015. Sistem Informasi Akuntansi – Konsep dan Penerapan. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Troftgruben, C. (2014). Learning Anime Studio

Wati, E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.

Wijana, Widarmi D, dkk. 2014. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Yuliani Sujiono, 2014. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Macaran Jaya Cemerlang

Published

01-09-2021

How to Cite

Herawati, H., & Hairussoleh, H. (2021). Media Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan Animasi 2D untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak pada Raudhatul Athfal Albarokah. Jurnal Insan Unggul, 9(2), 143–169. https://doi.org/10.47926/insanunggul.2021.9.2.143 - 169

Most read articles by the same author(s)