Sistem Pakar Pengenalan Angka dan Warna untuk Taman Kanak - Kanak Berbasis Multimedia

(Studi Kasus pada Taman Kanak-Kanak Fajar Jl. Raya Petir Komplek Pemda Cipocok Jaya Serang)

Authors

  • Achmad Syaefudin Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Bela Yusti Annasya Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Hetty Herawati Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/jiu.2023.11.1.1-18

Keywords:

Sistem Pakar ,Multimedia, Artificial Intelegensi

Abstract

Perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi yang maju di kehidupan kita membuat orang tua dan guru memiliki peran penting dalam pengenalan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu komputer. Saat sekarang ini komputer tidak asing lagi bagi dunia anak karena memang anak sudah mengenal komputer tetapi hanya sekedar untuk permainan baginya, baik secara offline maupun secara online. Untuk itu, semenjak dini pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak-anak kita. Dalam penggunaan aplikasi berbasis multimedia pengenalan angka  dan warna ini, kita bisa memberikan pembelajaran pengenalan angka dan warna dengan system yang baru dan tentu saja menyenangkan dengan tampilan, dan lagu lagu yang menarik. Selain itu, komputer juga bisa mengembangkan segala aspek perkembangan anak baik kognitif, bahasa, fisik motorik, seni dan lain-lain sebagainya, maka memang diharuskan untuk pengenalan komputer pada anak usia dini ini.

References

Benny A. Pribadi, dkk, “Komputer dalam kegiatan pengembangan Anak Usia

Dini”, Jakarta : Universitas Terbuka, 2008

Drs. H. Isjoni, M.Si., Ph.D, “Model Pembelajaran Anak Usia Dini” , Penerbit

Alfabeta, Jakarta

E. M. V. S. Sutoyo, Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Andi Offset, 2016

Fitriastuti, "Aplikasi Pakar Berbasis Web Untuk Mendeteksi Kerusakan

Perangkat Komputer Dengan Metode Backward Chaining,"

JANATEKNIKA, vol. Vol. 11 No. 2, no. FT Universitas Janabadra

Yogyakarta, pp. 97-98, 2009.

Harvey F. Silver, Richard W. Strong, Matthew J. Perini, 2012 “Strategi-

Strategi Pengajaran: Memilih Strategi Berbasis Penelitian yang

Tepat untuk Setiap Pelajaran”, Indeks, Jakarta

Robin,“Certainty Factor,” Artificial Intelligence, 2013.

http://intelligence.worldofcomputing.net/ai terms/certainty-

factor.html, (accessed Sep. 05,2020)

R. Rosnelly, Sistem Pakar Konsep dan Teori, Yogyakarta: Andi Publisher,

Wenten, I. N. (2020). Best Practice, Upaya Mewujudkan Lingkungan Sekolah Hijau dan Bersih Melalui Strategi Bendera Tiga Warna Di Kabupaten Jembrana. Bali: CV Media Education.

Yurindra. (2017). SOFTWARE ENGINEERING. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Yudhanto, Y., & Prasetyo, H. A. (2018). Panduan Mudah Belajar Framework Laravel. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Published

01-03-2023

How to Cite

Syaefudin, A., Yusti Annasya, B., & Herawati, H. (2023). Sistem Pakar Pengenalan Angka dan Warna untuk Taman Kanak - Kanak Berbasis Multimedia: (Studi Kasus pada Taman Kanak-Kanak Fajar Jl. Raya Petir Komplek Pemda Cipocok Jaya Serang). Jurnal Insan Unggul, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.47926/jiu.2023.11.1.1-18