Algoritma Apriori untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen Pada Sistem Informasi Market Basket Analysis Berbasis Andriod

Authors

  • Susy Katarina Sianturi Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Dina Satriani Fansuri Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Wiwin Najmiatul Aini Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/jiu.2023.11.1.35-58

Keywords:

market basket analysis, pola beli konsumen, association rule, algoritma apriori

Abstract

Perubahan pola beli konsumen yang terjadi pada Toko Sembako Siger mengakibatkan penumpukan suatu barang pada toko sehingga pemilik toko ragu untuk membeli ulang suatu barang dikarenakan kombinasi barang yang dibeli oleh konsumen berubah-ubah. Oleh sebab itu, dilakukan market basket analysis untuk mengetahui pola beli konsumen sehingga pemilik toko dapat mengambil keputusan dari hasil market basket analysis. Dalam penerapan market basket analysis untuk mengetahui pola beli konsumen digunakan sistem informasi berbasis android yang mengimplementasi teknik data mining yaitu association rule dengan algoritma apriori. Dari hasil pengujian metode aplikasi ini dapat menghasilkan kombinasi barang yang sering dibeli oleh konsumen sampai dengan 3-itemset dengan nilai confidence hingga 100%. Dari keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi market basket analysis dengan metode algoritma apriori ini dapat digunakan untuk melakukan market basket analysis terhadap data transaksi pembelian untuk mengetahui pola beli konsumen.

References

Anggraeni, E. Y., dan Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi (1st ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Astuti, D., dan Devitra, J. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pegawai Negeri IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 513–532.

Dengen, C. N., et al. (2019). Penentuan Association Rule Pada Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritma Apriori. JURTI, 3(1), 20–29.

Hariyadi, G. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Berbelanja Di Minimarket (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 16–32.

Jayapana, R. D., dan Rahayu, Y. (2015). Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Apriori Pada Apotek Rahayu Jepara. 1–6.

Kanti, S., dan Indrajit, R. E. (2017). Implementasi Data Mining Penjualan Handphone OPPO Store SDC Tangerang Dengan Algoritma Apriori. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, 1–6.

Kusrini, dan Luthfi, E. T. (2009). Algoritma Data Mining (1st ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Muzawi, R., et al. (2019). Sistem Monitoring Ketersediaan Bahan Baku Cor Beton Menggunakan Metode Market Basket Analysis. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 1(1), 1–7.

Saputra, R., dan Sibarani, A. J. P. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi (JATISI), 7(2), 2407–4322.

Sholihan, W. A. (2018). Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Peminjaman Buku Pada Perpustakaan (Studi Kasus: Dispusip Kota Pekanbaru). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Zuliarso, E., et al. (2017). Implementasi Algoritma Apriori Dan Algoritma Eclat Pada AHASS Akmal Jaya Motor Purwodadi. Jurnal DINAMIK, 22(1), 49–56.

Published

01-03-2023

How to Cite

Katarina Sianturi, S., Satriani Fansuri, D., & Najmiatul Aini, W. (2023). Algoritma Apriori untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen Pada Sistem Informasi Market Basket Analysis Berbasis Andriod. Jurnal Insan Unggul, 11(1), 35–58. https://doi.org/10.47926/jiu.2023.11.1.35-58

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>