Rancang Bangun Menentukan Kurikulum Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dari Hasil Asesmen Menggunakan Tes Denver II Pada Edufa
Abstract
Pusat Layanan Autisme EDUfa (Education For All) dan Biro Psikologi EDUfa Counseling merupakan suatu yayasan yang bergerak dibidang layanan jasa fokus pada menyediakan pendidikan inklusi untuk semua anak dengan keyakinan bahwa setiap anak dapat belajar dan harus mendapatkan pendidikan, Dengan keyakinan tersebut, EDUfa membantu orang tua anak dengan gangguan spektrum autism dalam mendidik anak mereka dan mengembangkan kemampuan kognitif, komunikasi sosial serta bantu diri agar anak dapat berfungsi lebih baik di masyarakat. Sedangkan biro psikologi EDUfa Counseling fokus pada membantu mengembangkan potensi anak, peserta didik, tenaga kerja secara optimal. Dalam hidupnya, manusia akan selalu mengalami tumbuh dan berkembang. Untuk acuan pendeteksi perkembagan anak usia dini, tes yang biasa digunakan adalah Denver Developmental Screening Test Revised atau yang biasa disebut dengan Tes Denver II. Hasil dari tes Denver II ini menjadi acuan perusahaan dalam menentukan kurikulum yang tepat untuk pembelajaran anak tersebut. Denver Developmental Screening Test (DDST) adalah sebuah alat klinis yang mudah digunakan untuk identifikasi dini bayi dengan keterlambatan perkembangan (Pawar, 2019).
References
ABERA, Mubarek., et all. (2019) “Komposisi tubuh selama masa bayi awal dan perkembangan perkembangan dari usia 1 hingga 5 tahun”. Jurnal Nutrisi Inggris , 119.(11): 1263-1273.
Barlow, KG, & Reynolds, S. (2019). “Sebuah studi metode campuran yang meneliti tonggak perkembangan dan pengalaman orang tua di Ghana”. Jurnal Terbuka Terapi Okupasi , 6 (2), 5.
Elgamar et all., 2020. “Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Rumah Tahfiz Qur”an Nurul Islam Dikantor Urusan Agama Baturaja Timur Mengguanakan PHP DAN MYSQL’. Jurnal sistem informasi mahakarya (JSIM). 4 (1) 7-14.
Fitriyah C.Z dan Wardani R.P. (2022). “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar,” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12.3.
Jasri, M., & Karim, A. (2020). “Implementasi Metode Denver Developmental Screening Test Untuk Anamnesa Perkembagan Anak Pada Sistem Pakar”. Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi Dan Manajemen (JATIM), 1(1), 19-26.
Kurniawati, Y. E., & Prabowo, Y. D. (2022). “DEDIAVER Sebagai Aplikasi Alternatif Tes Denver II untuk Tes Deteksi Dini Perkembangan Anak”. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(3), 331-342.
Kurniawan, R., Muhimmah, I., & Jannah, HR (2019). “Sistem pemantauan perkembangan anak berbasis tes skrining perkembangan denver (DDST/Denver II)”. Teknoin , 22 (4).
Marchamah, D. N. S., & Arum, H. D. P. (2022). “Efektifitas Penggunaan Kartu Menuju Sehat (KMS) dan Denver Developmental Screening Test (DDST) di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)”. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(01), 67-75.
Marani, Aslan. (2019). "Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)." Jurnal Studia Insania 5.2: 105-119

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Insan Unggul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.