Aplikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence/Ai) Untuk Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Berbasis Multimedia

Authors

  • Achmad Syaefudin Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer (STTIKOM) Insan Unggul
  • Bela Yusti Annasya Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer (STTIKOM) Insan Unggul

Keywords:

Kecerdasan buatan, AI,Artificial Intelegence,Bahasa Inggris

Abstract

Aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelegence/AI) saat ini digunakan di berbagai bidang, termasuk pengajaran bahasa , dan Ilmu komputer. Dalam hal ini, khususnya dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris.
Perkembangan globalisasi dan kebutuhan untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris terus meningkat. Hal ini menjadikan AI menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan pengalaman belajar bahasa.
Penggunaan AI dalam pembelajaran bahasa menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Metode pembelajaran bahasa tradisional sering kali melibatkan latihan dan hafalan berulang-ulang bersifat monoton dan tidak efektif bagi banyak siswa.
AI memberikan pendekatan pembelajaran bahasa yang dinamis dan bersifat pribadi, menanggapi kebutuhan dan pilihan siswa. Penggunaan teknologi kecerdasan buatan AI dalam pembelajaran bahasa Inggris telah meningkatkan minat belajar, kepribadian, serta efisiensi bagi guru dan siswa (Teknokrat, 2022).
AI juga mempermudah integrasi elemen penggunaan permainan ke dalam pembelajaran bahasa. Platform pembelajaran bahasa yang digamifikasi memanfaatkan sistem AI untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Siswa dapat memperoleh poin, lencana, atau bersaing dengan siswa lain. Sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan dan memotivasi.

Published

10-04-2025

How to Cite

Achmad Syaefudin, & Bela Yusti Annasya. (2025). Aplikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence/Ai) Untuk Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Berbasis Multimedia. Jurnal Insan Unggul, 13(1), 1–7. Retrieved from http://www.sttikom-iu.ac.id:8081/jurnaliu/index.php/01/article/view/173