Sistem Informasi Pelayanan Klinik

(Studi Kasus Klinik Azka Medika)

Authors

  • Muhammad Khaidir Fahram Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Vina Vijaya Kusuma Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Via Desiana Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/insanunggul.2021.9.1.19-36

Keywords:

Rekam Medis, Transaksi Pasien, Sistem Informasi, Pelayanan Klinik, Microsoft Access 2007 – 2013

Abstract

Klinik Azka Medika merupakan salah satu instansi kesehatan yang memberikan fasilitas dan pelayanan dalam bidang kesehatan kepada masyarakat. Dalam proses bisnisnya Klinik Azka Medika masih menggunakan cara yang manual dengan menggunakan media kertas. Setiap kegiatan yang dilakukan di Klinik Azka Medika masih dilakukan dengan cara manual, tidak adanya pembukuan transaksi, pencatatan atau pengolahan data obat, data rekam medis, maupun data pasien. Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan agar lebih baik maka diperlukan sebuah sistem yang baik yang akan digunakan di Klinik Azka Medika, sehingga nantinya dapat terwujud suatu pelayanan kesehatan yang bermutu, efisien, efektif, serta dapat meningkatkan kinerja dari Klinik Azka Medika. Sistem yang dirancang ini memiliki tujuan mengatur data yang ada pada Klinik Azka Medika dengan media penyimpanan lebih praktis, dapat terorganisirnya data pasien, data dokter, data obat, data rekam medis pasien, data pembayaran, memudahkan dalam proses pencarian data. Sistem informasi pelayanan klinik pada Klinik Azka Medika ini dirancang menggunakan Microsoft Access 2007 sampai dengan 2013.

References

Amaliyah, Malina. 2016. Rancangan Bangun Sistem Informasi Administrasi Layanan Pasien Berbasis Web pada Klinik Paradise

Surabaya. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya : Tugas Akhir Tidak Diterbitkan.

Tersedia : http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1767, 18 Februari 2020

Antonius, Gea. 2016. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Darmawan, Deni dan Fauzi, Kunkun. 2015. Sistem Informasi Manajemen. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Gordon, Davis. 2015. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : PPM.

Lestari, Ira. 2018. Kesehatan Terpadu. Jakarta : Terpadu.

Manik, Mariana. 2018. Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan pada Klinik Pratama Bahagia Jakarta Timur. STIMIK Nusa Mandiri : Tugas Akhir Tidak Diterbitkan. Tersedia : https://repository.nusamandiri.ac.id/index.php/repo/viewitem/12810, 19 Februari 2020.

Munawar. 2018. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Bandung : Penerbit Informatika.

Rosa. A dan Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Penerbit Informatika.

Rudolf, Sinaga. 2016. Sistem Informasi Pelayanan Klinik pada Klinik Akper Kesdam II Sriwijaya Garuda Putih. STIKOM Dinamika

Bangsa : Tugas Akhir Tidak Diterbitkan. Tersedia : http://ejournal.stikom db.ac.id/index.php/manajemensisteminformasi/article/view/511, 18 Februari 2020.

Sudaryono. 2015. Metodologi Riset Di Bidang TI. Tangerang : Andi Yogyakarta.

Sutabri, Tata dan Napituputu, Darmawan. 2018. Sistem Informasi Bisnis. Jakarta : Penerbit Andi.

Tofik, Moch. 2017. Panduan Lengkap Microsoft Access. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Yanti, Febriyanti. 2015. Sistem Informasi Klinik pada Klinik Rahma Medika Anyer. STTIKOM Insan Unggul : Tugas Akhir Tidak Diterbitkan

Published

01-03-2021

How to Cite

Khaidir Fahram, M., Vijaya Kusuma, V., & Desiana, V. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Klinik : (Studi Kasus Klinik Azka Medika). Jurnal Insan Unggul, 9(1), 19–36. https://doi.org/10.47926/insanunggul.2021.9.1.19-36