Faktor-Faktor Unggulan Yang Mempengaruhi Minat Kuliah di Perguruan Tinggi di Cilegon

Authors

  • Ali Faozin Sekolah Tinggi Teknologi Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/insanunggul.2014.3.2.93-117

Abstract

Realitas bahwa tidak semua institusi pendidikan dan memiliki kualitas terbaik melahirkan persaingan yang sangat ketat antar institusi pendidikan. Persaingan ini tampak sangat jelas pada jenjang pendidikan tinggi dimana para perguruan tinggi berlomba-lomba untuk menonjolkan berbagai kelebihan yang dimilikinya. Hal ini memunculkan nilai positif bagi persaingan bisnis juga menguntungkan konsumen atau oarng yang akan melanjutkan kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti konsumen dan perilaku konsumen perguruan tinggi sebagai bagian penting dari konsumen pada umumnya. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan akhir yang diambil seseorang untuk memilih perguruan tinggi. Faktor-faktor yang dianggap penting tersebut dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan akhir untuk menentukan pilihan. Bagian pemasaran perguruan tinggi berusaha untuk mempengaruhi keputusan yang diambil tersebut dengan mengintervensi informasi yang didapat oleh calon mahasiswa yang mungkin berpengaruh pada keputusan akhir pemilihan perguruan tinggi tersebut. Masing-masing faktor unggulan dianggap memiliki tingkat kepentingan berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor unggulan perguruan tinggi tidak semuanya dianggap sama sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat faktor yang dirasakan lebih penting daripada faktor lainnya.

References

Arens, William F., 2004, Contemporary Advertising, International Edition, McGraw-Hill.

Belch, George E., dan Belch, Michael A., 1998, Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective, 4th Edition, Irwin McGraw-Hill.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Dua Belas. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.

Kotler, Philip, Et. al 2000, Manajemen Pemasaran – Perspektif Asia, Edisi Pertama, Yogyakarta. : Penerbit ANDI

Kotler, Philip., Armstrong, Gary., 2004, Principles of Marketing, Tenth Edition, Prentice Hall International.

Lamb, Charles W., Jr. Et al, 1999, Essentials of Marketing, International Thomson Publishing.

Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C., 1999, Consumer Behaviour and Marketing Strategy, 5th Edition, Irwin McGraw-Hill.

Ristiyanti Prasetijo, Dra., MBA dan Prof. John J. O. I Ihalauw, PhD., 2005, Perilaku Konsumen, Yogyakarta. : Penerbit ANDI

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi ke Tujuh. Jakarta: Penerbit PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Shimp, Terrence A., 1997, Advertising, Promotion and Supplemental Aspects of Integrated Marketing, 4th Edition, Drysden Press.

Stacks, Don W. , 2002, Primer of Public Relations Research, The Guildford Press.

Stanton, William et al, 1994, Fundamentals of Marketing, 10th Edition, McGraw-Hill.

Published

01-09-2014

How to Cite

Faozin, A. (2014). Faktor-Faktor Unggulan Yang Mempengaruhi Minat Kuliah di Perguruan Tinggi di Cilegon. Jurnal Insan Unggul, 3(2), 93–117. https://doi.org/10.47926/insanunggul.2014.3.2.93-117