Evaluasi Kinerja Pelayanan Teknologi Informasi di STTIKOM Insan Unggul Cilegon Dengan Menggunakan Metode EUCS dan TTF

Authors

  • Afrasim Yusta Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/insanunggul.2016.4.1.24-50

Abstract

STTIKOM Insan Unggul Cilegon merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Cilegon yang bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, keahlian dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi. Sejalan dengan perubahan waktu, STTIKOM Insan Unggul pada saat ini telah berusaha meningkatkan kualitasnya dengan memanfaatkan dan mengoperasikan sistem informasi yang berbasiskan komputer. Salah satu bentuk pelayanan kepada mahasiswa, dosen dan karyawan adalah melalui website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan  (satisfaction) pengguna teknologi informasi dari Faktor-faktor : Isi (content), Akurasi (accuracy), Bentuk (format), Kemudahan (ease of use) dan Ketepatan Waktu (timeliness) serta mengukur kemampuan dari teknologi informasi tersebut dalam membantu menyelesaikan tugas pengguna. Hasil Penelitian yang dilakukan melalui sampel kuisioner dan diuji melalui aplikasi SPSS menunjukkan bahwa faktor – faktor atau variabel yang ada pada End User Computing Satisfaction (EUCS) tersebut berpengaruh pada tingkat kepuasan pengguna teknologi informasi website STTIKOM Insan Unggul. Diukur dari metode Task Technology Fit (TTF) menunjukkan bahwa persepsi responden secara keseluruhan tingkat Pemanfaatan (Utilization)  pengguna terhadap penerapan teknologi informasi website dalam memberikan kemudahan dan menciptakan kualitas kinerja.

References

Akbar, Nasrizal, Vince Ratnawati dan Vina Novita (2010) “Pengaruh Pengetahuan Teknologi Informasi, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Faktor Kesesuaian Tugas-Teknologi Terhadap Kinerja Akuntan Internal”, Jurnal Ekonomi, Universitas Riau, Pekanbaru.

Alees Ilias, Razak, dan Nor Hafizah Abdul Mansor (2010), The Critical Factors In Determining End-User Computing Satisfaction (EUCS) In Computerised Accounting System (CAS)

Bodnar, George H dan William S. Hopwood (2000), “Sistem Informasi Akuntansi”, Jakarta: Salemba Empat.

Dennis, Wixom, Roth, (2012), System Analysis and Design, John Wiley and Sons Inc.

Halim, Abdul (1995), “Sistem Informasi Akuntansi”, Yogyakarta: BPFE.

Hui Chiu Chena, Cherng Ying Chioua*, Chun Yuan Yeha, Hui Ling Laia, (2012), A Study of the Enhancement of Service Quality and Satisfaction by Taiwan MICE Service Project. Procedia Sosial and Behavioral Science

Indriani, Mirna dan Reza Adryan (2009), “Jurnal Telaah & Riset Akuntansi”, Universias Syiah Kuala

Jefri Gumilar Pratama, S.Kom, Afriyudi, M.Kom., Ilman Zuhri Yadi, M.M., M.Kom. (2012), Analisa Sistem Informasi Entri Krs Online Pada Universitas Bina Darma Dengan Menggunakan Metode End-User Computing (EUC) Satisfaction

John Baschab and Jon Piot, (2007). The Executive’s Guide to InformationTechnology Second Edition, John Wiley and Sons Inc.

McLeod, Raymond (1996), “Sistem Informasi Manajemen”, Jilid 1. Jakarta: PT. Prenhallindo.

McNurlin, B.C and Sparague Jr (2004), Information Systems Management in Practice, 6Th edition, Upper Sadle River, New Jersey, Pearson Education, Inc.

Nancy C Shawn (2002) Sources of Dissatisfaction in End-User Support: An Empirical Study

Petter Gottchlaks, (2005). Strategic Knowledge Management Technology, IGI Publishing.

Prastiti, Yuani (2007), “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Internet Banking di Indonesia”, Tesis S2, Fakultas ekonomi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sekundera, Charlesto P.L (2006), “Analisis Penerimaan Pengguna Akhir Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Dan End User Computing Satisfaction terhadap Penerapan Sistem Core Banking Pada Bank ABC”, Tesis Program Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro, Semarang.

Steve Clarke, (2008). End User Computing Challenges and Technologies:Emerging Tools and Applications, IGI Publishing

Subhan, Muhammad (2007). “Pengaruh Variabel Perceived usefulness, perceived ease of use, dan Psychological attachment terhadap Pemanfaatan Tekhnologi Informasi”, Tesis S2, Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Urich dan Newcomb (2008), Information Systems Transformation Architecture-Driven Modernization Case  Studies, Morgan Kaufmann OMG Press Titles

Published

01-03-2016

How to Cite

Yusta, A. (2016). Evaluasi Kinerja Pelayanan Teknologi Informasi di STTIKOM Insan Unggul Cilegon Dengan Menggunakan Metode EUCS dan TTF. Jurnal Insan Unggul, 4(1), 24–50. https://doi.org/10.47926/insanunggul.2016.4.1.24-50

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>