Motivasi Belajar Mahasiswa di STTIKOM Insan Unggul Cilegon
DOI:
https://doi.org/10.47926/insanunggul.2016.4.1.111-122Abstract
Mahasiswa menjadi salah satu sumber daya manusia yang penting karena mahasiswa akan memberikan kontribusi langsung dan penting bagi kehidupan bangsa dan negara. Sumber daya manusia tersebut dapat dilihat dari lulusan sebuah perguruan tinggi. Karena lulusan dari sebuah perguruan tinggi diharapkan dapat bekerja dengan baik dibidangnya atau bahkan membuka lapangan kerja bagi lingkungan di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam menerima pembelajran di STTIKOM Insan Unggul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang menjelaskan dan menginterprestasikan data sebagaimana adanya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 mahasiswa menjadi responden. Terdapat enam buah indikator dalam pembuatan kuesionernya. Nilai rata-rata motivasi belajar mahasiswa di STTIKOM Insan Unggul berada di kriteria sedang.
References
Ali, Muhammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa
Auniurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rosdakarya.
Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, Syofian. (2010). Statistik deskriptif untuk penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno B, Hamzah. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Jurnal Insan Unggul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.