Motivasi Belajar Mahasiswa di STTIKOM Insan Unggul Cilegon

Authors

  • Vina Vijaya Kusuma Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/insanunggul.2016.4.1.111-122

Abstract

Mahasiswa menjadi salah satu sumber daya manusia yang penting karena mahasiswa akan memberikan kontribusi langsung dan penting bagi kehidupan bangsa dan negara. Sumber daya manusia tersebut dapat dilihat dari lulusan sebuah perguruan tinggi. Karena lulusan dari sebuah perguruan tinggi diharapkan dapat bekerja dengan baik dibidangnya atau bahkan membuka lapangan kerja bagi lingkungan di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam menerima pembelajran di STTIKOM Insan Unggul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang menjelaskan dan menginterprestasikan data sebagaimana adanya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 mahasiswa menjadi responden. Terdapat enam buah indikator dalam pembuatan kuesionernya. Nilai rata-rata motivasi belajar mahasiswa di STTIKOM Insan Unggul berada di kriteria sedang.

References

Ali, Muhammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa

Auniurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rosdakarya.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, Syofian. (2010). Statistik deskriptif untuk penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno B, Hamzah. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Published

01-03-2016

How to Cite

Vijaya Kusuma , V. (2016). Motivasi Belajar Mahasiswa di STTIKOM Insan Unggul Cilegon. Jurnal Insan Unggul, 4(1), 111–122. https://doi.org/10.47926/insanunggul.2016.4.1.111-122

Most read articles by the same author(s)