Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Tetap Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Cilegon

Authors

  • Hetty Herawati Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/insanunggul.2016.4.1.123-141

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja dosen, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dosen, dan pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja dosen. Tipe penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja dosen dengan nilai koefisien korelasi 0,709 koefisien detrminasinya 51,2 persen. Dengan demikian semakin baik kepemimpinan maka akan semakin baik pula kinerja dosen. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja dosen dengan nilai koefisen 0,532 dan koefisien determinasi 47,3 persen. Dengan demikian semakin tinggi motivasi kerja maka semakin baik kinerja dosen. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama sama terhadap kinerja dosen dengan nilai koefisien korelasi 0,544 dengan koefisen determinasinya 54,4 persen. Dengan demikian, semakin baik kepemimpinan dan motivasi kerja maka aka  semakin baik pula kinerja dosen.

 

References

Amstrong Micheal. 2009. Armstrong’s Handbook Of performance Management. London:Kogan Page

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bass.B.M, Avolio, B.J.(1994).Intorving Organization Effectiveness Through Transformationakk Leardership. Tousand Aaks: Sage

Bernardin, H. John, 2003. Human Resources Management: An Experiential Approach, 3rd edition, McGraw-Hill/Irwin, New York

B. Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Askara

Darma, Surya. 2012. Manajemen Kinerja Falsafah teori dan Penerapannya. Jakarta. Pustaka Pelajar

Dillon Justin and Meg Maguire. 2011. Becoming Teacher. England: Open University Press

Dimyati, Hamdan (2014). Model Kepemimpinan dan Sistem Pengambilan Keputusan. Jakarta: Pustaka Setia

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi.Bandung: Alfabeta

Furqon. 2011. Statistika Terapan uuntuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Jones Jeff.2004. Managemen Skills in Schools. London: A Stage Publications

Kartono, Kartini. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: CV.Rajawali.

Rivai,Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sunyoto. 2013. Teori, Kuesioner, dan Proses Analisis Data PerilakuOrganisasional. Yoyakarta: Centere for Academic Publishing Service.

Siagian, Sondang P. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta .

Undang-Undang No.2 0 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Wahyudi.2012. Kepemimpian Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran(Learning Organization). Bandung: Alfabeta

Wibowo. 2015. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Widodo, Joko.2006. membangun birokrasi berbasis kinerja. Malang. Banyu Media Publishing

Published

01-03-2016

How to Cite

Herawati, H. (2016). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Tetap Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Cilegon. Jurnal Insan Unggul, 4(1), 123–141. https://doi.org/10.47926/insanunggul.2016.4.1.123-141

Most read articles by the same author(s)