Penerapan Technology Acceptance Model dan End User Computing Satisfaction Dalam Mengevaluasi Kinerja Sistem Informasi Nexus Application

Authors

  • Gustina Gustina Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/insanunggul.2016.4.2.85-106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan nexus application, dilihat dari penerimaan pengguna dan kepuasan pengguna dengan menggunakan Technology Acceptance Model dan End User Computing Satisfaction. Nexus application sebuah aplikasi berbasis web yang diimplementasi sebagai suatu layanan perusahaan dalam menstandarkan dan mengotomatisasi proses pendukung bisnis antar departemen, seperti pengisian form serta langkah pengesahannya, sehingga saling terintegrasi dengan baik. Pada penelitian ini, yang menjadi populasi dalam pengumpulan data adalah seluruh karyawan pengguna Nexus Application. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 140 responden yang diklasifikasikan menjadi 3 cluster yaitu manajemen, foreman dan section head, serta staff yang ditentukan dengan cluster sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan penerimaan pengguna terhadap Nexus Application dilihat dari sisi kemudahan penggunaan dan manfaat nexus terhadap pekerjaan sudah baik, seperti hasil dari pengolahan data 53,37 persen responden setuju jika teknologi nexus application yang diterapkan sudah memiliki kemudahan dalam penggunaan sehingga memberi manfaat kepada pengguna. Dan untuk tingkat kepuasan pengguna terhadap nexus application, dilihat dari persepsi responden secara keseluruhan berdasarkan pengolahan data, sebanyak 64.05 persen responden atau pengguna puas dengan kinerja nexus application.

References

Sekundara, Charlesto (2006) Analisis Penerimaan Pengguna Akhir Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model dan End User Computing Satisfaction Terhadap Penerapan Sistem Core Banking Pada Bank ABC. Thesis Universitas Diponegoro

Yuadi, Imam (2009), Analisis Technology Acceptance Model Terhadap Perpustakaan Digital Dengan Structural Equation Model, Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Ratnasari Siregar, Khairani (2011), Kajian Mengenai Penerimaan Teknologi dan Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Eka Kartika, Shinta (2009), Analisa Proses Penerimaan Sistem Informasi iCons Dengan Menggunakan Pada Karyawan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) TBK. Di Kota Semarang

Pratama, Jefri Gumilar S.Kom, Afriyudi, M.Kom., Yadi, Ilman Zuhri, M.M., M.Kom. (2012), Analisa Sistem Informasi Entri Krs Online Pada Universitas Bina Darma Dengan Menggunakan Metode End-User Computing (EUC) Satisfaction

Roberto, Kaban, (2013), Perbandingan Evaluasi Sistem Informasi Dengan Metode End-User Computing Satisfaction Dan IT Balanced Scorecard (Study Kasus PT. Surya Madistrindo Regional Sumbagut - Medan)

Clarke, Steve (2008). End User Computing Challenges and Technologies:Emerging Tools and Applications, IGI Publishing

Doll, William.J., Torkzadeh, Gholamreza., (1988), “The Measurment of End-User Computing Satisfaction”, MIS Quartely/June.

Sadiyoko, Ali, Tesavrita, Ceicalia, Suhandi, Irfan (2009), Penggunaan Technology Acceptance Model Sebagai Dasar Usulan Perbaikan Fasilitas Pada Layanan Mobile Internet

Davis, F. D. (1986). A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems: Theory and results. Doctoral dissertation. Cambridge, MA: MIT Sloan School of Management.

Sugiono, (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Supranto, (2009). Statistik : Teori dan Aplikasi Edisi Ke Tujuh, Erlangga

Sudaryono (2011). Statistik Deskriptif Gampang Mengerjakan Mudah Menerapkannya Dalam Analisis Data. Banten : Dinas Pendidikan Provinsi Banten

Published

01-09-2016

How to Cite

Gustina, G. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model dan End User Computing Satisfaction Dalam Mengevaluasi Kinerja Sistem Informasi Nexus Application. Jurnal Insan Unggul, 4(2), 85–106. https://doi.org/10.47926/insanunggul.2016.4.2.85-106