Pendampingan Pemanfaatan Multimedia Dalam Proses Pengajaran di Madrasah Diniah Takmilyah Awaliyah (MDTA) Amanatul Muttaqin PCI Serang
DOI:
https://doi.org/10.47926/sjpkm.2023.2.1.17-22Keywords:
Pendampingan, madrasah diniyah, multimediaAbstract
Proses belajar dan mengajar merupakan proses transfer ilmu pengetahuan oleh guru kepada muridnya, tingkat keberhasilan atau kegagalan belajar peserta didik sangat dipengaruhi oleh materi yang disampaikan, suasana belajar dan semangat belajar siswa. Belajar tanpa motivasi kiranya sulit untuk berhasil. Secara empirik, multimedia dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Madrasah Diniah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Amantaul Muttaqin merupakan Lembaga Pendidikan non formal di bawah departemen agama Republik Indonesia, pada umumnya MDTA masih mengadopsi pembelajaran secara konvensional dalam pembelajarannya, pada kesempatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan pendampingan pemanfaatan multimedia dalam proses pembelajarannya. Dari hasil penggunaan multimedia dalam pembelajarannya siswa lebih bersemangat dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang lebih aktif dalam belajar, dan praktek ibadah siswa yang lebih mudah dalam mengoreksi kesempurnaan praktek ibadah. Siswa juga memperlihatkan hasil belajar yang meningkat dibuktikan denga raport dan catatan siswa yang baik.
References
Ariani, N., & Haryanto D. Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Perspektif. (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010)
Busyaeri, A., T. Udin & A. Zaenudin (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3 (1)
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Herani, Nova Eli, Pemanfaatan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar saat Pandemi Covid-19, EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. Vol. 1 No. 1, 2021, 58-59
Jupriyanto, Andarini P. C, (2019), Analisis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sevana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.