Pemberdayaan UMKM Pasca Covid-19 dengan Menerapkan Metode PRA (Participatory Rural Appraisal) Melalui Penguatan Inklusi Keuangan dan Pemasaran Digital

Authors

  • Bahtiar Effendi Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/sjpkm.2023.2.1.23-28

Abstract

Inklusi Keuangan dan teknologi informasi dapat membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meningkatkan kinerja serta mempertahankan keberlangsungan usaha. Inklusi keuangan membantu pemilik UMKM melakukan monitoring kinerja keuangan setiap periode, sedangkan teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk menjalankan fungsi pemasaran supaya dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Desa Mekarwangi adalah salah satu sentra penghasil ubi di Kabupaten Tangerang. Sayangnya, pemasaran yang dilakukan masih sebatas pada pedagang yang ada di Kabupaten Tangerang. Selain itu pembukuan yang dilakukan juga belum maksimal sehingga belum ada laporan yang menggambarkan kondisi keuangan UMKM dengan tepat. Program Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dalam beberapa tahapan kegiatan, yaitu sosialisai, pelatihan, dan pendampingan. Setelah kegiatan ini, para pemilik UMKM di Desa Mekarwangi lebih memahami tentang metode pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi melalui media sosial. Selain itu, para pemilik UMKM juga mampu memahami tentang pembuatan pembukuan sehingga dapat digunakan untuk memantau kinerja keuangan usaha mereka.

References

Agus, S. (2011). “Model-Model Pembelajaran”. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.Agus Suprijono (2011, p.4-5).

Effendi, B. (2018). Accounting Assistance for Treasurers and Teachers for Improvement and Strengthening of Mekarwangi Elementary School, Cisauk, Tangerang [Peningkatan dan Penguatan SDN Mekarwangi, Cisauk, Tangerang Dalam Bentuk Pendampingan Akuntansi Untuk Bendahara dan Pengajar]. Proceeding of Community Development, (2), 225-233. https://doi.org/10.30874/comdev.2018.265

Effendi, B. (2018). Penguatan Kemampuan Bendahara dan Guru SD Melalui Pembelajaran Akuntansi Dasar di SDN Mekarwangi, Ds. Mekarwangi, Kec. Cisauk, Tangerang-Banten. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 188-191. http://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2812

Effendi, B. (2019). Peningkatan Kesadaran Pelajar dengan Edukasi Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kharisma. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat : Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 3(2), 309-330. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.032-04

Effendi, B. (2018). Penguatan Pemahaman Siswa Kelas XII AK Melalui Bimbingan dan Pelatihan Akuntansi dan Pajak di SMK Dharma Widya, Desa/Kecamatan Neglasari, Tangerang-Banten. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 302-308. http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.14635

Effendi, B. (2020). Edukasi dan Pendampingan Akuntansi Kader Posyandu Rambutan dan Posyandu Nusa Indah Desa Mekarwangi Kabupaten Tangerang. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 25-36. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i01.206

Effendi, B. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat: Sinergitas Universitas dan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 215-223. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.369

Hapenciuc, C. V. , et.al. (2007). “Implementation Of The System Of The Management of Education Quality, Basic Requirement For E.U. Integration”. SSRN Journal:1-9.

Hill, Charles W.L., and Jones (1998). “Strategic management Theory: An Integrated Approach”. Fourth Edition, Houghton Mifflin, Boston.

Kardima, et.al.(2009). “Prinsip-prinsip Akuntansi 1 SMA Kelas XI. Jakarta”: Yudhistira.

Nana, S. (2009). “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Otoritas Jasa Keuangan. (2020). "OJK Memberdayakan UMKM Melalui Literasi dan Inklusi Keuangan".

Permendikbud. (2014). “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 161 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggung Jawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2015”.

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan, didownload dari http://pendidikan.jpd.

Sihono, T., and Yosuf, R. (2012), “Implementation of School Based Management in Creating Effective Schools,” International Journal of Independent Research and Studies, 1(4), 142-152.

Published

15-05-2023

How to Cite

Effendi, B. (2023). Pemberdayaan UMKM Pasca Covid-19 dengan Menerapkan Metode PRA (Participatory Rural Appraisal) Melalui Penguatan Inklusi Keuangan dan Pemasaran Digital. Sevana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.47926/sjpkm.2023.2.1.23-28