Program Pendampingan Menyusun Deskripsi Mata Pelajaran Pada Sistem Pembelajaran Daring Sekolah Menengah Atas Mathla’ul Anwar Pandeglang

Authors

  • Penny Hendriyati Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Afrasim Yusta Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul
  • Rina Oktaviyanthi Universitas Serang Raya
  • Agung Sugiarto Universitas Mathla’ul Anwar

DOI:

https://doi.org/10.47926/sevana.2022.1.2.1-6

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan bagi guru-guru dilingkungan SMA Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang dengan tema Program Pendampingan Penggunaan Learing Managaement System (LMS). Sebagian besar guru-guru yang ada di SMA Mathla’ul Anwar belum berpengalaman menerapkan media pembelajaran daring. Lemahnya keterampilan guru-guru tersebut dalam mengaplikasikan media pembelajaran itu dapat diminimalisir dengan melakukan pelatihan pengaplikasian media pembelajaran daring, sehingga pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dibuatlah kegiatan pelatihan dan workshop untuk mengenalkan media pembelajaran daring atau system e-learning dengan menggunakan LMS Claroline, dengan menerapkan metode pengukuran melalui kuesioner yang dibagikan kepada para guru-guru tersebut pada saat sebelum materi disampaikan dan setelah materi disampaikan, berdasarkan pada pelatihan yang dilaksanakan, dapat ditarik kesimpulan, yaitu pelatihan ini sudah berjalan dengan baik dan lancar serta mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya, yakni guru-guru mampu mengaplikasikan media LMS Claroline dan akan memanfaatkan media tersebut dalam pembelajaran.

 

References

Ambarita, A., Gani, A. G., Hidayati, N., Hartati, E., Sihotang, H. T., Informatika, T., Utara, S., Wicaksono, F., Hadiana, A., Asfi, M., Pradiatiningtyas, D., Suparwanto, Gerebtzoff, M. A., Utami, E., Fatta, H. Al, Fridayanthie, E. W., Azis, M. A., Kusumaningrum, A., Khotijah, S., … Informatika, P. T. (2016). Perancangan Arsitektur Aplikasi Learning Management. Swabumi, 2(1), 70–75.

Eliyen, K., & Efendi, F. S. (2019). Implementasi Metode Weighted Product Untuk Penentuan Mustahiq Zakat. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 4(1), 146–150. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i1.1476

Khusnia, D. (2013). Pembuatan Video Klip Lagu Smartschool Pride and Happiness Sebagai Media Dokumentasi Smk Smart It Medan. Jurnal Informatika Dan Multimedia, 2(1), 88–95.

Kusuma, A. (2011). DALAM PEMBELAJARAN Oleh: Ade Kusmana *. Lentera Pendidikan, 14, 35–51.

Mutia, I. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses. Faktor Exacta, 6(4), 278–289.

Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310

Wijaya, O. Y. A., & Radianto, W. E. (2016). Mentoring dan Coaching sebagai Strategi Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan: Studi Fenomenologi. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(4), 675–682. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.4.08

Published

01-11-2022

How to Cite

Hendriyati, P., Yusta, A., Oktaviyanthi , R., & Sugiarto, A. (2022). Program Pendampingan Menyusun Deskripsi Mata Pelajaran Pada Sistem Pembelajaran Daring Sekolah Menengah Atas Mathla’ul Anwar Pandeglang. Sevana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.47926/sevana.2022.1.2.1-6

Most read articles by the same author(s)