WORKSHOP PEMBUATAN ASESMEN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN SAFE EXAM BROWSER SEBAGAI SOLUSI PENILAIAN EFEKTIF DI SMK AL-KHAIRIYAH CILEGON

Authors

  • Anita Megayanti Megayanti STTIKOM Insan Unggul
  • Teguh Sutopo
  • Roy Amrullah Ritonga

Keywords:

Safe Exam Browser (SEB), asesmen digital, pendidikan vokasi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), teknologi pendidikan

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, kebutuhan akan sistem asesmen yang aman dan efektif semakin meningkat, terutama dalam konteks pendidikan vokasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK Alkhairiyah Cilegon sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, melaksanakan workshop pengenalan dan penggunaan Safe Exam Browser (SEB) sebagai alat untuk membuat asesmen berbasis digital yang aman dan terjamin keakuratannya. Workshop ini bertujuan untuk melatih tenaga pendidik dalam menggunakan SEB, sebuah perangkat lunak open-source yang memungkinkan pelaksanaan ujian dalam lingkungan terkendali, sehingga mengurangi potensi kecurangan serta meningkatkan validitas hasil asesmen. Metode kegiatan ini meliputi pemaparan teori, simulasi penggunaan SEB, dan praktik pembuatan ujian berbasis digital dengan aplikasi pendukung lainnya. Hasil dari workshop menunjukkan bahwa 90% peserta mampu merancang, mengelola, dan menjalankan asesmen digital secara mandiri dengan SEB. Penerapan SEB sebagai solusi penilaian diharapkan dapat meningkatkan kualitas asesmen di SMK Alkhairiyah Cilegon, memberikan pengalaman ujian yang adil bagi guru, dan mendukung penggunaan teknologi dalam pendidikan yang berkelanjutan.

References

Abbasi, L. R. ( Agustus 2018). Perancangan Aplikasi Kalkulator Penilaian Kategorisasi. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer , 136 - 143 Volume 23 No. 2.

Basri, S. E. (Vol. 2 No. 2, Tahun 2022). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Kodular. Abdimas Langkanae, 216-222.

Darto, M. Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekan Baru: Daulat Riau.

Dita Prihatna Wati, d. (Volume 12 Nomor 2 , 2022). Workshop Pemanfaatan Aplikasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Video Pembelajaran Guru Sekolah Dasar. Publikan ( Jurnal Publikasi Pendidikan ), 190-196.

Endah Fitriani, D. (April 2024). Workshop Pembuatan Aplikasi Komputer Sederhana bagi Siswa-Siswi SMK Negeri 1 Indralaya Selatan . Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia , 265-270 Vol. 2, No. 2.

Mantasiah R, d. (Vol. 24 No. 2, 2022). PKM Pelatihan Media Pembelajaran G-Learning bagi Kelompok Guru Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi , 58-62.

Murjainah, d. (Volume 12 Nomor 3, 2022). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Capcut Bagi Guru SDN 14 Banyuasin 1 . PUBLIKAN (Jurnal Publikasi Pendidikan), 205-211.

Sandriana liana Nendissa, D. (Mei 2022). Pengajaran Berbaiss Teknologi DIgital. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Terry, G. R. (1972). rinciples of Management . Homewood: Richard D. Irwin, Inc.

Wijayanto. (2012). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published

23-12-2024

How to Cite

Megayanti, A. M., Teguh Sutopo, & Roy Amrullah Ritonga. (2024). WORKSHOP PEMBUATAN ASESMEN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN SAFE EXAM BROWSER SEBAGAI SOLUSI PENILAIAN EFEKTIF DI SMK AL-KHAIRIYAH CILEGON. Sevana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 26–31. Retrieved from http://www.sttikom-iu.ac.id:8081/sevana/index.php/01/article/view/32