PKM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DASAR MELALUI METODE FUN LEARNING BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PEMBANGUNAN CILEGON
Keywords:
bahasa Inggris dasar, fun learning, siswa sekolah menengah kejuruan, peningkatan kemampuanAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dasar siswa sekolah dasar di SMK Pembangunan Cilegon melalui penerapan metode fun learning. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya minat dan kemampuan dasar siswa dalam memahami materi bahasa Inggris, yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang konvensional dan kurang menarik. Metode fun learning dipilih karena diyakini mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.
Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam pengabdian ini adalah siswa kelas IX Sekolah Menengah Kejuruan dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan bahasa Inggris dasar sebelum dan sesudah penerapan metode fun learning. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penerapan metode fun learning secara signifikan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dasar siswa, terutama dalam aspek kosakata (vocabulary), pengucapan (pronunciation), dan pemahaman kalimat sederhana (simple sentence comprehension). Selain itu, metode ini juga meningkatkan antusiasme, keaktifan, dan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan bahasa Inggris dalam konteks sederhana.
References
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (4th ed.). Pearson Education Limited.
Suyanto, K. K. E. (2008). English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui Bahasa Inggris. Bumi Aksara.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Rahayu, D. (2019). Penerapan Metode Fun Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary pada Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 7(2), 123–132.
Sari, N. M., & Nugroho, A. (2020). Fun Learning Method to Improve English Proficiency in Vocational Students. Journal of Language and Education, 5(1), 45–53.
Firmansyah, R. (2021). Efektivitas Pendekatan Fun Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 77–84.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK. Jakarta: Kemendikbud.
Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 5 Tahun 2008 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Di kawasan Perkotaan.
Perda Kota Cilegon No. 1 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Cilegon Tahun 2010-2020.
Suparno. 2017. Implementasi Kebijakan Publik Dalam Praktek. Dwiputra Pustaka Jaya.
Tjokromidjojo, Bintoro. 1988. Manajemen Pembangunan. Jakarta. Haji Masagung.
Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 mengenai Penataan Ruang.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sevana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.