PKM PENGEMBANGAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PADA TOKO PUTRI COLLECTION

Authors

  • Susy Katarina Sianturi
  • Helmi Ilham

Keywords:

e-commerce, website, pemasaran

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, tren berbelanja online telah menjadi fenomena global yang mengubah cara konsumen memenuhi kebutuhan mereka. Internet telah memungkinkan konsumen untuk menjelajahi dan membeli berbagai produk dan layanan. Dengan perkembangan teknologi dan keamanan yang semakin meningkat, lebih banyak orang memilih untuk berbelanja online untuk kenyamanan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membantu masyarakat pelaku UMKM pemilik toko Putri Collection untuk meningkatkan jangkauan pemasaran busana sebagai produk yang dijual di toko tersebut. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan merancang dan membangun aplikasi e-commerce di toko Putri Collection berbasis website yang diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pemasaran. Aplikasi dikembangkan menggunakan tahapan siklus hidup pengembangan sistem dengan implementasi bahasa pemrograman PHP dan MySQL dan pendekatan perancangan berorientasi objek Unified Modeling Language (UML). Hasil akhir kegiatan PKM ini berupa aplikasi e-commerce berbasis web yang dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi jarak jauh dan membantu toko dalam mencapai target pemasaran yang lebih luas serta meningkatkan efektivitas pemasaran.

References

Abu, A., & Kurniati. (2023). Bahan Ajar: Dasar Busana. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Aprilia, S., & Wulandari. (2018). Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web pada Chanel Distro Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model, 4, 43.

Astarini, S. D., & Utomo, C. (2020). Monograf Manajemen Desain: Desain Bangunan Berbasis Kinerja. CV Budi Utama.

Dasipah, E., & Suseno, G. P. (2023). Sistemasi Pemasaran: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengendalian. Mega Press Nusantara.

Nita, D., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 214.

Nurfauzi, Y., Taime, H., & Yusuf, M. (2023). Literature Review:Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4, 184.

Rehatalanit, Y. L. R. (2021). Peran E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5, 62–69.

Wahyuningtyas, R. D., & Chusnah, M. (2021). Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Web. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Published

24-06-2025

How to Cite

Susy Katarina Sianturi, & Helmi Ilham. (2025). PKM PENGEMBANGAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PADA TOKO PUTRI COLLECTION. Sevana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 23–27. Retrieved from http://www.sttikom-iu.ac.id:8081/sevana/index.php/01/article/view/40