Peningkatan Kompetensi Bendahara dan Tenaga Pengajar Melalui Program Edukasi Sistem Informasi Akuntansi

Authors

  • Bahtiar Effendi Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer Insan Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47926/sevana.2022.1.2.17-21

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan bagi bendahara dan tenaga pengajar di lingkungan SDN Mekarwangi, Kabupaten Tangerang dengan tema program edukasi sistem informasi akuntansi dalam meningkatkan kompetensi bendahara dan tenaga pengajar pada sekolah tersebut. Permasalahan prioritas yang ditemukan adalah minimnya pengetahuan bendahara dan tenaga pengajar dalam penyusunan laporan keuangan sekolah sehingga dibutuhkan pendampingan secara intensif untuk meningkatkan pemahaman bendahara dan tenaga pengajar secara memadai dalam menyusun laporan keuangan sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 1-15 Agustus 2022. Adapun metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan yakni meliputi: tahap persiapan yang terdiri dari observasi, wawancara dengan pihak kepala sekolah, penyampaian materi, dan penyuluhan materi; tahap pelaksanaan terdiri dari pelaksanaan kegiatan pelatihan diawali dengan pendekatan dan pendampingan langsung penyusunan laporan keuangan bagi bendahara dan tenaga pengajar; tahap evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Dari hasil kegiatan edukasi sistem informasi akuntansi yang telah dilakukan, para peserta kegiatan memiliki wawasan dan pandangan baru dan melek literasi akuntansi dalam mengelola keuangan sekolah maupun keuangan pribadi dari penghasilan yang diterima.

References

Agus, S. (2011). “Model-Model Pembelajaran”. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.Agus Suprijono (2011, p.4-5).

Anonim. (2015). “Buku Monograf Desa Mekarwangi”.

Effendi, B. (2018). “Penguatan Kemampuan Bendahara dan Guru SD Melalui Pembelajaran Akuntansi Dasar di SDN Mekarwangi, Ds. Mekarwangi, Kec. Cisauk, Tangerang-Banten”. Jurnal Terapan Abdimas. (Volume 3, No.2; 188-191).

Hapenciuc, C. V. , et.al. (2007). “Implementation Of The System Of The Management of Education Quality, Basic Requirement For E.U. Integration”. SSRN Journal:1-9.

Hill, Charles W.L., and Jones (1998). “Strategic management Theory: An Integrated Approach”. Fourth Edition, Houghton Mifflin, Boston.

Kardima, et.al.(2009). “Prinsip-prinsip Akuntansi 1 SMA Kelas XI. Jakarta”: Yudhistira.

Nana, S. (2009). “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permendikbud. (2014). “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 161 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggung Jawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2015”.

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan, didownload dari http://pendidikan.jpd.

Sihono, T., and Yosuf, R. (2012), “Implementation of School Based Management in Creating Effective Schools,” International Journal of Independent Research and Studies, 1(4), 142-152.

Sugiyono (2009). “Metode Penelitian Bisnis”. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharto, E. (2005). “Analisis Kebijakan Publik: Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial”. Alfabeta: Bandung.

Published

01-11-2022

How to Cite

Effendi, B. (2022). Peningkatan Kompetensi Bendahara dan Tenaga Pengajar Melalui Program Edukasi Sistem Informasi Akuntansi. Sevana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 17–21. https://doi.org/10.47926/sevana.2022.1.2.17-21