PKM Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Kerja Praktik Menggunakan Metode Extreme Programming Pada PT. Krakatau Logistik
DOI:
https://doi.org/10.47926/sevana.2022.1.2.22-26Abstract
Kuliah kerja praktik (KKP) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa, hal ini menyebabkan mahasiswa harus mencari perusahaan untuk melakukan kegiatan KKP, Salah satunya ialah PT. Krakatau Jasa Logistik yang bisa menerima mahasiswa untuk melakukan kegitan KKP. Dalam melakukan kegiatan penerimaan mahasiswa, pembuatan aktivitas dan pemberian nilai saat KKP, PT. Krakatau Jasa Logistik masih dilakukan secara manual, hal ini menyebabkan lambatnya proses penerimaan dan kurangnya keefektifan untuk pembuatan aktivitas dan pemberian nilai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam penelitian ini dirancang dan dibangun sistem Pengelolaan Peserta Kuliah Kerja Praktik, tujuannya untuk membantu mahasiswa serta user terkait seperti HRD dan pembimbing lapangan agar memudahkan pengelolaan saat melakukan KKP. Metode yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Personal Extreme Programming, yang menekankan pengembangan sistem dengan skala waktu yang singkat, produktivitas dan fleksibel.
References
Andi, et al. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negri 6 Prabumilih). Vol.7 No.1
Andriyanto, Teguh. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Terintegrasi Menggunakan Web Service. Vol.7 No.2
Ayu, Fitrri dan Permatasari Nia. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan
Data PKL (Praktek Kerja Lapangan) Di Devisi Humas Pada PT. Pegadaian. Vol.2 No.2
Chan, Syahril. (2017). Membuat Aplikasi Database Dengan PowerBuilder 12.6 Dan MySQL. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Enterprise, Jubilee. (2017). PHP Komplet. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Fitriana, Onny. (2019). Evaluasi Program PKL FKIP UHAMKA (Penelitia Evaluatif berdasarkan CIPP). Jakarta : Jurnal Utilitas
Homaidi, Ahmad dan Munawaroh Rofiatul. (2019). Rekrontruksi dan Implementasi Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan AMIK Ibrahimy. Vol.18 No.2
Ilham, Dirja Nur dan Mulyana Sri. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Pemilihan Tempat PKL Mahasiswa dengan Menggunakan Metode AHP dan Borda. Vol.11, No.1
Imandasari, Tia. (2018). Analisis Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Mahasiswa PKL Menggunakan Metode Promethee. Pematangsiantar : STTIKOM Tunas Bangsa
Mulyana, Sri. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Pemilihan Tempat PKL Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode AHP Dan Borda. Yogyakarta : FMIPA UGM
Munawar. (2018). Analisa Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML (Unified Modelling Language). Bandung : INFORMATIKA
Purbadian, Y. (2016). Trik Cepat Mmembangun Aplikasi Berbasis Web Dengan Framework CodeIgneter. Yogyakarta : Andi Offset.
Rahmi, Raisya, et all. (2016). Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi E-Commerce (Studi Kasus Sistem Informasi Penjualan Alat-alat Telekomunikasi). Vol.2 No.2
Rosa, S dan Shalahudin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Beriorentasi Objek. Bandung : Informatika
Saepulloh, Asep dan Adeyadi Mohammad. (2019). Aplikasi Scanner Berbasis Android Untuk Menampilkan Data ID Card Menggunakan Barcode. Vol.3 No.01
Suharto, Agus Dan Widiastuti, Fitri Puji. (2019). Sistem Informasi
Dokumentasi Akreditasi Dengan Metode Personal Extreme Programming (Studi Kasus : STMIK ERESHA). Vol. XIV No. 02
Suryanto, Yohanes. (2018). Pemrograman Terstruktur Dengan Delphi. Yogyakarta :
Gadjah Mada University Press.
Yuntari, Purba Sari. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Poliklinik Gigi (Studi kasus : Poliklinik Gigi Kejaksaan Agung RI). Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelejen ISSN : 2302-3740.
Zaenuddin, Hamidi. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram Menggunakan Extreme Programming. Vol.1 No.1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SEVANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.